Dukung Program Pemerintah, IKIP Budi Utomo Mengadakan Sosialisasi PPG Prajabatan Tahun 2023 kepada Dosen, Mahasiswa, Alumni, dan Masyarakat Umum.

Dalam rangka mewujudkan transformasi pendidikan Indonesia untuk memenuhi
kebutuhan guru baik secara kuantitas maupun kualitas, IKIP Budi Utomo melalui program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) IBU menyelenggarakan Sosialisasi dan Webinar Program PPG Prajabatan tahun 2023 kepada dosen, mahasiswa, alumni, dan masyarakat umum secara luring dan daring.

Pendidikan Profesi
Guru (PPG) Prajabatan merupakan
Program untuk mencetak generasi baru guru-guru
Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi guru,
profesional, komitmen menjadi teladan, cinta terhadap
profesi, dan pembelajar sepanjang hayat.

Program ini diselenggarakan bagi lulusan Sarjana,
Sarjana Terapan, maupun Diploma IV, baik dari
kependidikan maupun non kependidikan bagi calon guru
untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik.

Untuk menjadi Generasi Baru Guru Indonesia, calon mahasiswa akan menempuh proses seleksi dimulai dari tahap seleksi dan mengikuti rangkaian
Pendidikan Profesi Guru selama dua semester yang
terdiri dari perkuliahan, praktik kerja lapangan, proyek kepemimpinan, dan pendampingan.

IBU mengajak para Generasi Muda untuk menjadi guru melalui Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Tahun 2023 dengan membuka beberapa bidang studi, di antaranya Pendidikan Jasmani, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Matematika bagi Anda lulusan S1/D4.

Assoc. Prof. Dr. Nurcholis Sunuyeko, M. Si, Rektor IKIP Budi Utomo, menyampaikan bahwa IBU mendukung penuh semua program pemerintah, khususnya dalam kesempatan ini, sosialisasi PPG Prajabatan Tahun 2023. “Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk menjadi guru muda profesional melalui ppg prajabatan tahun 2023. Jangan lewatkan kesempatan ini.” Pesannya kepada seluruh mahasiswa dan alumni yang hadir dalam webinar pada Sabtu, 17 Juni 2023.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir juga salah satu alumni IBU, tahun 2021 yang juga merupakan alumni program PPG Prajabatan Tahun 2022, Ida Liyatul Ulyah, S.Pd. memberikan motivasi dan gambaran terkait pelaksanaan PPG Prajabatan. “Jangan ragu ikut PPG Prajabatan, banyak manfaatnya dan pasti penempatan sekolahnya.” Pungkasnya.

Kaprodi PPG IBU sekaligus Pemateri Webinar, Susandi, M.Pd. juga memberikan penguatan terkait pentingnya PPG kepada para peserta sosialisasi PPG Prajabatan. “PPG prajabatan penting untuk menciptakan generasi baru guru Indonesia yang mendukung Merdeka Belajar.” Jelasnya.

Di akhir sesi sosialisasi yang dihadiri oleh ratusan alumni IBU, pemateri terakhir yang juga Sekretaris Program Studi PPG IBU, Tri Asih Wahyu Hartati, M.Pd menyampaikan tips dan trik lulus seleksi PPG Prajabatan, pembimbingan karier, dan juga Sosialisasi Program Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023.

“Ada tiga benefit mengikuti program PPG, diantaranya, mendapatkan sertifikat pendidik, berpeluang besar menjadi ASN, dan biayai pendidikan ditanggung pemerintah sepenuhnya. Semoga jumlah pendaftar PPG Prajabatan Tahun 2023 melampaui target pemerintah.” Tutupnya.

Scroll to Top